Bahas Potensi Wonogiri, Wabup Wonogiri Terima Kunjungan Surakarta Daily

Kabupaten Wonogiri memiliki banyak potensi daerah yang dapat dieksplorasi lebih jauh, mulai dari sejarah, budaya, hingga sumberdaya alamnya. Untuk memperdalam proyeksi kedaerahan, kajian dan riset tentang Wonogiri sebaiknya diperbanyak.

“Mari melihat langsung ke lapangan. Jangan hanya mengandalkan informasi umum. Potensi Wonogiri sangat besar. Apabila dikelola sungguh-sungguh, kesejahteraan masyarakat Wonogiri akan meningkat,” ujar Wakil Bupati Wonogiri, Yuli Handoko, saat menerima kunjungan Surakarta Daily, Kamis (27/11/2014), di kantornya.

Ia menjelaskan, peran media dalam melakukan pemberitaan positif terhadap potensi Wonogiri akan sangat berpengaruh signifikan pada ketertarikan investor atau wisatawan yang ingin berkunjung ke kabupaten paling selatan di eks-Karesidenan Surakarta ini.

“Agak susah bila media mengekspose Wonogiri justru yang jelek-jelek. Misal, kekeringan, kekurangan air, atau yang lain. Mari menganggap semua masalah tersebut sebagai tantangan, dan mari bersama-sama menyelesaikannya,” terang Yuli.

Apalagi, sambungnya, pada era informasi seperti sekarang, peran media bukan hanya sebagai penyedia informasi, tapi juga pemberi solusi alternatif untuk membangun perikehidupan yang jauh lebih baik.

“Berpikir positif sangat dibutuhkan di saat negeri ini masih silang-sengkarut persoalan. Dengan itu, optimisme bisa dibangun. Setelah optimisme itu menguat, kebersamaan pemerintah dan masyarakat akan berujung pada kebaikan bersama,” paparnya.

Sementara itu, Chief Expert Surakarta Daily, Albicia Hamzah, menuturkan, kedatangannya tidak lebih membahas potensi Wonogiri yang perlu digali dan dikembangkan lebih jauh. Sebab, selama ini, Wonogiri terkesan kurang agresif merespons dinamika yang ada.

“Perlu dicatat, hanya Wonogiri lah yang memiliki pantai di eks-Karesidenan Surakarta. Juga hanya Wonogiri lah yang berpotensi tambang paling besar (di eks-Karesidenan Surakarta). Meski beberapa persoalan seperti turun-temurun belum juga selesai, optimisme untuk membawa Wonogiri pada top performanya harus terus dilakukan,” ujar pria asli Tirtomoyo tersebut.

Menurut Albi, silaturahmi Surakarta Daily dan Wakil Bupati Wonogiri diproyeksikan untuk membangun kepercayaan antar-stakeholder yang selama ini dinilai kurang erat.

“Biasanya birokrat kalau sama media kan suka berpikir aneh-aneh. Khawatir kalau kebanyakan diekspose yang jelek-jelek. Surakarta Daily berpaham jurnalisme positif. Media yang berdedikasi pada kebaikan daerah. Setelah saya jelaskan kepada Wabup, alhamdulillah, beliau dapat lebih terbuka menerima kedatangan kami,” ucap Albi.

Bangun Komitmen

Setelah melalui pembicaraan hangat dan santai, kedua belah pihak membangun komitmen lisan tentang orientasi membangun Wonogiri lebih baik. Kajian dan perumusan program baru untuk menyelesaikan persoalan lama atau mengkreasi program baru akan disinergikan kemudian. Wabup dengan antusias menyampaikan apresiasinya atas kunjungan Surakarta Daily.

“Semoga kebersamaan ini dapat bermanfaat bagi banyak orang. Mari terus berbuat baik. Jangan terbiasa saling fitnah atau menjelek-jelekkan orang lain. Dengan terus berbuat baik, semoga ke depan, Wonogiri akan semakin lebih sejahtera dan bermartabat,” kata Wabup.

Turut dalam rombongan, Direktur Pandiva Strategics Yogyakarta, Danang Munandar. Danang memberi penjelasan strategis tentang potensi pariwisata Wonogiri yang dapat dikembangkan lebih jauh.

“Pantai di Gunungkidul Yogyakarta mulai ditata lebih bagus. Sementara secara geografis, tipologi pantai di sana dengan pantai di Wonogiri relatif sama. Apabila peluang tersebut dapat ditangkap lebih maksimal, bukan tidak mungkin, pendapatan Pemkab Wonogiri akan bertambah dari sektor pariwisata pantai,” terang Danang.

Link:

Scroll to Top